Kamis, 29 November 2012

PENELITIAN TERDAHULU (PROPOSAL METODE RISET)

Nama : Irna Diniasari
Kelas : 3EA13
NPM : 13210623



TEMA: KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE

Penelitian Terdahulu
·     Penelitian oleh Budi Prasetyo, 2009 mengenai “ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA HANDPHONE MERK NOKIA)”. Pada penelitian ini responden berasal dari mahasiswa/mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, dengan sampel sebanyak 50 mahasiswa/mahasiswi yang mewakili seluruh fakultas di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode-metode statistik yaitu Analisis Regresi Berganda dan Uji Hipotesis serta diolah dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa antara variabel gaya hidup memiliki pengaruh positif dan dikategorikan kuat dengan variabel keputusan pembelian pada handphone merk Nokia. Selain itu pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada handphone merk Nokia sebesar 49,0% dan sisanya 51,0% oleh faktor lain diantaranya: Brand Image, dan Loyalitas konsumen pengguna handphone Nokia.

·      Penelitian oleh Nanda Lusiana, 2010 mengenai “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMBELI HANDPHONE BLACKBERRY”. Pada penelitian ini responden berasal dari mahasiswa Universitas Gunadarma, dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode-metode statistik yaitu Teknik Analisis Uji Regresi Berganda dan Analisis Koefisien Determinasi serta diolah dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor promosi, distribusi dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menggunakan handphone Blackberry. Selain itu secara parsial, dari ke delapan variabel yang besar pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa menggunakan handphone Blackberry adalah faktor promosi

·   Penelitian oleh Budi Prasetyo, 2009 mengenai “ANALISIS PENGARUH PRODUK DAN HARGA YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK NOKIA PADA NOKIA PROFESIONAL CENTER MALANG”. Pada penelitian ini responden berasal dari konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk handphone merk Nokia pada Nokia Professional Center Malang, dengan sampel sebanyak 100 konsumen yang membeli produk handphone Nokia yang pada saat itu berada di Nokia Professional Center Malang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode-metode statistik yaitu Analisis Regresi Berganda dan Uji Hipotesis serta diolah dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial maupun simultan bahwa variabel produk dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian karena mempunyai nilai t hitung yang lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (6,393; 2,703> 1,98) dan nilai F hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel (32,907> 3,94). Dari kedua variabel tersebut yang mempunyai pengaruh yang paling dominan adalah variabel produk, karena mempunyai nilai t hitung yang paling besar dibandingkan dengan nilai t hitung variabel yang lain.

1 komentar:

  1. Kita juga mempunyai jurnal mengenai Metode Analisis, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/856/1/Paper_Peter_Avinanta_Why_Because.pdf
    Semoga bermanfaat!

    BalasHapus