Nama : Irna Diniasari
Kelas : 3EA13
NPM : 13210623
TEMA:
KEPUTUSAN PEMBELIAN
HANDPHONE
Penelitian Terdahulu
· Penelitian
oleh Budi Prasetyo, 2009 mengenai “ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA HANDPHONE MERK NOKIA)”. Pada penelitian ini
responden berasal dari mahasiswa/mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Jakarta, dengan sampel sebanyak 50 mahasiswa/mahasiswi yang mewakili
seluruh fakultas di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Pengolahan
data dilakukan dengan menggunakan
metode-metode statistik yaitu Analisis Regresi Berganda dan Uji Hipotesis serta
diolah dengan program SPSS (Statistical
Product and Service Solution).
Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa antara variabel gaya hidup memiliki
pengaruh positif dan dikategorikan kuat dengan variabel keputusan pembelian
pada handphone merk Nokia. Selain itu pengaruh gaya hidup terhadap keputusan
pembelian pada handphone merk Nokia sebesar 49,0% dan sisanya 51,0% oleh faktor
lain diantaranya: Brand Image, dan Loyalitas konsumen pengguna handphone Nokia.
· Penelitian
oleh Nanda Lusiana, 2010 mengenai “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA
MEMBELI HANDPHONE BLACKBERRY”. Pada penelitian ini responden berasal dari mahasiswa
Universitas Gunadarma, dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengolahan data
dilakukan dengan menggunakan metode-metode statistik yaitu Teknik Analisis Uji
Regresi Berganda dan Analisis Koefisien Determinasi serta diolah dengan program
SPSS (Statistical Product and Service
Solution).
Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor promosi, distribusi dan gaya
hidup secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menggunakan
handphone Blackberry. Selain itu secara parsial, dari ke delapan variabel yang
besar pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa menggunakan handphone Blackberry
adalah faktor promosi
· Penelitian oleh Budi
Prasetyo, 2009 mengenai “ANALISIS PENGARUH PRODUK DAN HARGA YANG
DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK NOKIA
PADA NOKIA PROFESIONAL CENTER MALANG”. Pada penelitian ini responden berasal
dari konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk
handphone merk Nokia pada Nokia Professional Center Malang,
dengan sampel sebanyak 100 konsumen
yang membeli produk handphone Nokia yang pada saat itu berada di Nokia
Professional Center Malang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode-metode
statistik yaitu Analisis Regresi Berganda dan Uji Hipotesis serta diolah dengan
program SPSS (Statistical Product and Service
Solution).
Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial maupun simultan bahwa
variabel produk dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
pembelian karena mempunyai nilai t hitung yang lebih besar dibandingkan dengan
nilai t tabel (6,393; 2,703> 1,98) dan nilai F hitung lebih besar
dibandingkan dengan nilai F tabel (32,907> 3,94). Dari kedua variabel
tersebut yang mempunyai pengaruh yang paling dominan adalah variabel produk,
karena mempunyai nilai t hitung yang paling besar dibandingkan dengan nilai t
hitung variabel yang lain.
Kita juga mempunyai jurnal mengenai Metode Analisis, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
BalasHapushttp://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/856/1/Paper_Peter_Avinanta_Why_Because.pdf
Semoga bermanfaat!