Nama : Irna Diniasari
Kelas : 3EA13
NPM : 13210623
JURNAL
KEPUTUSAN PEMBELIAN
ANALISIS
JURNAL 3:
Judul :
ANALISIS PENGARUH PRODUK DAN HARGA YANG
DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK NOKIA
PADA NOKIA PROFESIONAL CENTER MALANG
Nama Pengarang, Tahun, :
Syamsuddin, 2006
Tema :
Keputusan Pembelian
Latar Belakang Masalah :
Perkembangan media komunikasi di
Indonesia dewasa ini sangat pesat. Era globalisasi yang sedang ramai
dibicarakan oleh banyak kalangan akhir-akhir ini ternyata berpengaruh juga pada
perkembangan teknologi telekomunikasi. Hal ini dapat dilihat alam kurun waktu
10 tahun terakhir ini.
Handphone adalah salah satu alat
komunikasi yang keberadaannya sudah tidak awam dimata masyarakat. Saat ini
handphone merupakan kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat dalam menerima
ataupun mengirim informasi yang dibutuhkan. Dengan kondisi tersebut, dipastikan
kebutuhan masyarakat terhadap handphone akan semakin meningkat. Apalagi dengan
tingginya persaingan ditingkat produsen pembuat handphone membuat masyarakat punya
pilihan handphone yang semakin beragam, dengan harga yang relatif semakin
murah. Banyak perusahaan-perusahaan handphone yang berkembang menelurkan
berbagai jenis dan merk handphone dengan keunggulan masing-masing yang
bertujuan untuk meraih pangsa pasar yang diinginkan.
Nokia salah satu produsen handphone
raksasa berasal dari Finlandia yang telah menyajikan seluruh sistem yang ada
didunia ini dengan meluncurkan produknya mulai dari produk untuk kalangan
low-end sampai high-end. Ketika ponsel mulai dipergunakan massal di dunia, nama
Nokia lebih dikenal dibandingkan dengan merek yang lain. Debutnya yang
memperkenalkan ponsel dengan banyak tipe produk merupakan salah satu penyebab
konsumen tertarik dengan merek Nokia.
Dalam mengkonsumsi suatu produk biasanya
konsumen mempertimbangkan dari segi produk tersebut dan harga yang ditawarkan
oleh perusahaan. Konsumen mempertimbangkan produk biasanya dilihat dari segi
bentuk, desain, keistimewaan dari produk, dan daya tahan yang dimiliki oleh
produk. Dalam kenyataan yang ada, konsumen dalam membeli suatu produk
mempertimbangkan harga produk tersebut yang disesuaikan dengan kualitas dan
keandalan dari produk tersebut.
Masalah :
1. Apakah
produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia?
2. Diantara
produk dan harga mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian
handphone merek Nokia?
Tujuan :
1. Untuk
mengetahui pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian handphone
merek Nokia.
2. Untuk
mengetahui diantara produk dan harga yang paling berpengaruh terhadap keputusan
pembelian handphone merek Nokia.
Metodologi Penelitian :
·
Pengumpulan Data
1.
Data primer yang
diperoleh melalui pengisian kuisioner dan skala likert yang memiliki bobot dan
kategori sebagai berikut:
Skala Penilaian Untuk Kuisioner
Kategori
|
Bobot
|
Sangat Setuju
|
5
|
Setuju
|
4
|
Tidak Pasti/Netral
|
3
|
Tidak Setuju
|
2
|
Sangat Tidak Setuju
|
1
|
2.
Data sekunder
yang diperoleh dari data-data yang telah dimiliki oleh pihak Nokia Profesional
Center Malang seperti jurnal, ataupun dokumen lain yang berkaitan dengan
penelitian.
·
Penentuan Sampel
Populasi:
Data primer
dengan konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk handphone merk Nokia
pada Nokia Professional Center Malang sebagai responden.
Sampel:
Peneliti
mengambil sampel sebanyak 100 konsumen yang membeli produk handphone Nokia yang
pada saat itu berada di Nokia Professional Center Malang.
·
Variabel
Penelitian
1.
Variabel Produk
yang dinotasikan sebagai variabel X1 atas indikator keistimewaan (feature),
kualitas kinerja (performance quality), kualitas kesesuaian (conformance
quality), daya tahan (durability), keandalan (reability), mudah diperbaiki, gaya
(style), dan rancangan (design).
Variabel Harga
yang dinotasikan sebagai variabel X2 atas indikator tingkat harga produk
dibandingkan dengan produk lain, kesesuaian harga dengan kualitas produk,
kebijakan harga dapat dijangkau sesuai dengan kemampuan konsumen, dan dengan
harga yang ditetapkan para konsumen banyak yang membeli produk.
2.
Variabel
Keputusan Pembelian yang dinotasikan sebagai variabel Y yang meliputi kepuasan
dan menjadi pilihan terbaik dalam membeli produk.
·
Pengolahan Data
Dengan
menggunakan metode-metode statistik yaitu Analisis Regresi Berganda dan Uji
Hipotesis serta diolah dengan program SPSS (Statistical
Product and Service Solution).
Hasil dan Kesimpulan :
·
Secara parsial
maupun simultan bahwa variabel produk dan harga mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap keputusan pembelian karena mempunyai nilai t hitung yang
lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (6,393; 2,703> 1,98) dan nilai
F hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel (32,907> 3,94).
·
Dari kedua variabel
tersebut yang mempunyai pengaruh yang paling dominan adalah variabel produk,
karena mempunyai nilai t hitung yang paling besar dibandingkan dengan nilai t
hitung variabel yang lain.
Sumber:
http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter/99220288-syamsuddin.ps
Tidak ada komentar:
Posting Komentar