Senin, 22 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL 3 (BARU)



Nama : Irna Diniasari
Kelas : 3EA13
NPM : 13210623


JURNAL KEPUTUSAN PEMBELIAN

ANALISIS JURNAL 3:
Judul                                       :
ANALISIS PENGARUH PRODUK DAN HARGA YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE MEREK NOKIA PADA NOKIA PROFESIONAL CENTER MALANG

Nama Pengarang, Tahun,        :
Syamsuddin, 2006

Tema                                       :
Keputusan Pembelian

Latar Belakang Masalah         :
Perkembangan media komunikasi di Indonesia dewasa ini sangat pesat. Era globalisasi yang sedang ramai dibicarakan oleh banyak kalangan akhir-akhir ini ternyata berpengaruh juga pada perkembangan teknologi telekomunikasi. Hal ini dapat dilihat alam kurun waktu 10 tahun terakhir ini.
Handphone adalah salah satu alat komunikasi yang keberadaannya sudah tidak awam dimata masyarakat. Saat ini handphone merupakan kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat dalam menerima ataupun mengirim informasi yang dibutuhkan. Dengan kondisi tersebut, dipastikan kebutuhan masyarakat terhadap handphone akan semakin meningkat. Apalagi dengan tingginya persaingan ditingkat produsen pembuat handphone membuat masyarakat punya pilihan handphone yang semakin beragam, dengan harga yang relatif semakin murah. Banyak perusahaan-perusahaan handphone yang berkembang menelurkan berbagai jenis dan merk handphone dengan keunggulan masing-masing yang bertujuan untuk meraih pangsa pasar yang diinginkan.
Nokia salah satu produsen handphone raksasa berasal dari Finlandia yang telah menyajikan seluruh sistem yang ada didunia ini dengan meluncurkan produknya mulai dari produk untuk kalangan low-end sampai high-end. Ketika ponsel mulai dipergunakan massal di dunia, nama Nokia lebih dikenal dibandingkan dengan merek yang lain. Debutnya yang memperkenalkan ponsel dengan banyak tipe produk merupakan salah satu penyebab konsumen tertarik dengan merek Nokia.
Dalam mengkonsumsi suatu produk biasanya konsumen mempertimbangkan dari segi produk tersebut dan harga yang ditawarkan oleh perusahaan. Konsumen mempertimbangkan produk biasanya dilihat dari segi bentuk, desain, keistimewaan dari produk, dan daya tahan yang dimiliki oleh produk. Dalam kenyataan yang ada, konsumen dalam membeli suatu produk mempertimbangkan harga produk tersebut yang disesuaikan dengan kualitas dan keandalan dari produk tersebut.

Masalah                                   :
1.    Apakah produk dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia?
2.  Diantara produk dan harga mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia?

Tujuan                                     :
1.    Untuk mengetahui pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia.
2.    Untuk mengetahui diantara produk dan harga yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone merek Nokia.

Metodologi Penelitian             :
·      Pengumpulan Data            
1.    Data primer yang diperoleh melalui pengisian kuisioner dan skala likert yang memiliki bobot dan kategori sebagai berikut:
Skala Penilaian Untuk Kuisioner
Kategori
Bobot
Sangat Setuju
5
Setuju
4
Tidak Pasti/Netral
3
Tidak Setuju
2
Sangat Tidak Setuju
1
2.    Data sekunder yang diperoleh dari data-data yang telah dimiliki oleh pihak Nokia Profesional Center Malang seperti jurnal, ataupun dokumen lain yang berkaitan dengan penelitian.
·      Penentuan Sampel
Populasi:
Data primer dengan konsumen yang telah membeli dan menggunakan produk handphone merk Nokia pada Nokia Professional Center Malang sebagai responden.
Sampel:
Peneliti mengambil sampel sebanyak 100 konsumen yang membeli produk handphone Nokia yang pada saat itu berada di Nokia Professional Center Malang.
·      Variabel Penelitian
1.    Variabel Produk yang dinotasikan sebagai variabel X1 atas indikator keistimewaan (feature), kualitas kinerja (performance quality), kualitas kesesuaian (conformance quality), daya tahan (durability), keandalan (reability), mudah diperbaiki, gaya (style), dan rancangan (design).
Variabel Harga yang dinotasikan sebagai variabel X2 atas indikator tingkat harga produk dibandingkan dengan produk lain, kesesuaian harga dengan kualitas produk, kebijakan harga dapat dijangkau sesuai dengan kemampuan konsumen, dan dengan harga yang ditetapkan para konsumen banyak yang membeli produk.
2.    Variabel Keputusan Pembelian yang dinotasikan sebagai variabel Y yang meliputi kepuasan dan menjadi pilihan terbaik dalam membeli produk.
·      Pengolahan Data
Dengan menggunakan metode-metode statistik yaitu Analisis Regresi Berganda dan Uji Hipotesis serta diolah dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution).

Hasil dan Kesimpulan             :
·      Secara parsial maupun simultan bahwa variabel produk dan harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian karena mempunyai nilai t hitung yang lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (6,393; 2,703> 1,98) dan nilai F hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai F tabel (32,907> 3,94).
·      Dari kedua variabel tersebut yang mempunyai pengaruh yang paling dominan adalah variabel produk, karena mempunyai nilai t hitung yang paling besar dibandingkan dengan nilai t hitung variabel yang lain.


Sumber:
http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter/99220288-syamsuddin.ps




Tidak ada komentar:

Posting Komentar