Nama : Irna Diniasari
Kelas : 3EA13
NPM : 13210623
JURNAL
KEPUTUSAN PEMBELIAN
ANALISIS
JURNAL 2:
Judul :
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN
MAHASISWA MEMBELI HANDPHONE BLACKBERRY
Nama Pengarang, Tahun, :
Nanda Lusiana, 2010
Tema :
Keputusan Pembelian
Latar Belakang Masalah :
Kebutuhan masyarakat terhadap alat komunikasi
semakin meningkat, karena alat komunikasi sangat membantu dalam menjalankan
aktivitas mereka. Hal tersebut mempengaruhi para investor untuk menanamkan
modalnya pada dunia usaha telekomunikasi. Banyak dari perusahaan telekomunikasi
merancang alat komunikasi yang beraneka ragam jenis dan fasilitasnya.
Berkembangnya alat komunikasi juga
diiringi dengan semakin berkembangnya dunia teknologi. Dari alat komunikasi
yang hanya bisa menampilkan suatu pesan untuk seseorang yang akan dituju hingga
menampilkan visualisasi orang yang menelpon. Para modifikator mengembangkan
alat yang bias mengirim langsung informasi kepenerima yang disebut telepon
seluler atau handphone (HP). Handphone tidak lagi digunakan untuk berkomunikasi
atau membantu dalam menjalankan aktivitas saja, tetapi juga memberikan hiburan
dengan fasilitas yang telah tersedia. Maka saat ini handphone bukan hanya untuk
memenuhi kebutuhan saja, tetapi sudah menjadi gaya hidup.
Hal tersebut membuat para produsen
handphone berlomba-lomba untuk memasarkan produknya. Berbagai macam fitur pada
handphone dalam berbagai tingkat harga dan desain yang beragam ditawarkan para
produsen untuk menarik konsumen dan untuk menguasai pasar handphone. Dari
sekian banyak merek handphone di Indonesia ada merek baru yang memasuki pasar
indonesia yaitu Blackberry, dimana Blackberry sendiri sekarang menjadi trend
pada kalangan mahasiswa. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam
melakukan keputusan pembelian handphone Blackberry.
Masalah :
1. Faktor
apa yang mempengaruhi keputusan mahasiswa membeli handphone Blackberry?
2. Faktor
apa yang paling besar pengaruhnya dalam keputusan mahasiswa membeli handphone
Blackberry?
Tujuan :
1. Untuk
mengetahui faktor apa yang mempengaruhi keputusan mahasiswa membeli handphone
Blackberry.
2. Untuk
mengetahui faktor apa yang paling besar pengaruhnya dalam keputusan mahasiswa
membeli handphone Blackberry.
Metodologi Penelitian :
·
Pengumpulan Data
Dengan
menggunakan kuisioner dan skala likert yang memiliki bobot dan kategori sebagai
berikut:
Skala Penilaian Untuk Kuisioner
Kategori
|
Bobot
|
Sangat Tidak Setuju
|
1
|
Tidak Setuju
|
2
|
Ragu-Ragu
|
3
|
Setuju
|
4
|
Sangat Setuju
|
5
|
·
Penentuan Sampel
Populasi:
Data primer
dengan mahasiswa Universitas Gunadarma sebagai responden.
Sampel:
Peneliti
mengambil sampel sebanyak 100 responden.
·
Variabel
Penelitian
1.
Variabel Produksi
yang dinotasikan sebagai variabel X1, Variabel Harga yang dinotasikan sebagai variabel
X2, Variabel Promosi yang dinotasikan sebagai variabel X3, Variabel Distribusi yang
dinotasikan sebagai variabel X4, Variabel Proses yang dinotasikan sebagai
variabel X5, Variabel Sosial-Budaya yang dinotasikan sebagai variabel X6, dan Variabel
Gaya Hidup yang dinotasikan sebagai variabel X7.
2.
Variabel
Keputusan Pembelian yang dinotasikan sebagai variabel Y.
·
Pengolahan Data
Dengan
menggunakan metode-metode statistik yaitu Teknik Analisis Uji Regresi Berganda
dan Analisis Koefisien Determinasi serta diolah dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution).
Hasil dan Kesimpulan :
·
Faktor promosi,
distribusi dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan
mahasiswa menggunakan handphone Blackberry.
·
Secara parsial,
dari ke delapan variabel yang besar pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa
menggunakan handphone Blackberry adalah faktor promosi.
Sumber:
repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/.../JURNAL_2.pdf
http://ressti09.blogspot.com/2012/10/analisis-jurnal-1.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar