Senin, 22 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL 2 (BARU)


Nama : Irna Diniasari

Kelas : 3EA13
NPM : 13210623


JURNAL KEPUTUSAN PEMBELIAN

ANALISIS JURNAL 2:
Judul                                       :
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MAHASISWA MEMBELI HANDPHONE BLACKBERRY

Nama Pengarang, Tahun,        :
Nanda Lusiana, 2010

Tema                                       :
Keputusan Pembelian

Latar Belakang Masalah         :
Kebutuhan masyarakat terhadap alat komunikasi semakin meningkat, karena alat komunikasi sangat membantu dalam menjalankan aktivitas mereka. Hal tersebut mempengaruhi para investor untuk menanamkan modalnya pada dunia usaha telekomunikasi. Banyak dari perusahaan telekomunikasi merancang alat komunikasi yang beraneka ragam jenis dan fasilitasnya.
Berkembangnya alat komunikasi juga diiringi dengan semakin berkembangnya dunia teknologi. Dari alat komunikasi yang hanya bisa menampilkan suatu pesan untuk seseorang yang akan dituju hingga menampilkan visualisasi orang yang menelpon. Para modifikator mengembangkan alat yang bias mengirim langsung informasi kepenerima yang disebut telepon seluler atau handphone (HP). Handphone tidak lagi digunakan untuk berkomunikasi atau membantu dalam menjalankan aktivitas saja, tetapi juga memberikan hiburan dengan fasilitas yang telah tersedia. Maka saat ini handphone bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan saja, tetapi sudah menjadi gaya hidup.
Hal tersebut membuat para produsen handphone berlomba-lomba untuk memasarkan produknya. Berbagai macam fitur pada handphone dalam berbagai tingkat harga dan desain yang beragam ditawarkan para produsen untuk menarik konsumen dan untuk menguasai pasar handphone. Dari sekian banyak merek handphone di Indonesia ada merek baru yang memasuki pasar indonesia yaitu Blackberry, dimana Blackberry sendiri sekarang menjadi trend pada kalangan mahasiswa. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam melakukan keputusan pembelian handphone Blackberry.

Masalah                                   :
1.    Faktor apa yang mempengaruhi keputusan mahasiswa membeli handphone Blackberry?
2.    Faktor apa yang paling besar pengaruhnya dalam keputusan mahasiswa membeli handphone Blackberry?

Tujuan                                     :
1.    Untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi keputusan mahasiswa membeli handphone Blackberry.
2.    Untuk mengetahui faktor apa yang paling besar pengaruhnya dalam keputusan mahasiswa membeli handphone Blackberry.

Metodologi Penelitian             :
·      Pengumpulan Data            
Dengan menggunakan kuisioner dan skala likert yang memiliki bobot dan kategori sebagai berikut:
Skala Penilaian Untuk Kuisioner
Kategori
Bobot
Sangat Tidak Setuju
1
Tidak Setuju
2
Ragu-Ragu
3
Setuju
4
Sangat Setuju
5
·      Penentuan Sampel
Populasi:
Data primer dengan mahasiswa Universitas Gunadarma sebagai responden.
Sampel:
Peneliti mengambil sampel sebanyak 100 responden.
·      Variabel Penelitian
1.    Variabel Produksi yang dinotasikan sebagai variabel X1, Variabel Harga yang dinotasikan sebagai variabel X2, Variabel Promosi yang dinotasikan sebagai variabel X3, Variabel Distribusi yang dinotasikan sebagai variabel X4, Variabel Proses yang dinotasikan sebagai variabel X5, Variabel Sosial-Budaya yang dinotasikan sebagai variabel X6, dan Variabel Gaya Hidup yang dinotasikan sebagai variabel X7.
2.    Variabel Keputusan Pembelian yang dinotasikan sebagai variabel Y.
·      Pengolahan Data
Dengan menggunakan metode-metode statistik yaitu Teknik Analisis Uji Regresi Berganda dan Analisis Koefisien Determinasi serta diolah dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution).

Hasil dan Kesimpulan             :
·      Faktor promosi, distribusi dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa menggunakan handphone Blackberry.
·      Secara parsial, dari ke delapan variabel yang besar pengaruhnya terhadap keputusan mahasiswa menggunakan handphone Blackberry adalah faktor promosi.


Sumber:
repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/.../JURNAL_2.pdf
http://ressti09.blogspot.com/2012/10/analisis-jurnal-1.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar