Nama : Irna Diniasari
Kelas : 3EA13
NPM : 13210623
JURNAL
KEPUTUSAN PEMBELIAN
ANALISIS
JURNAL 1:
Judul :
ANALISIS
PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA HANDPHONE
MERK NOKIA)
Nama Pengarang,
Tahun, :
Budi Prasetyo, 2009
Tema :
Keputusan Pembelian
Latar Belakang Masalah :
Dalam era
globalisasi sekarang ini perkembangan manusia dan kehidupannya semakin pesat, kegiatan
yang dilakukannya pun semakin beragam. Kehidupan masyarakat yang pada awalnya
hanya melakukan kegiatan konsumsi sebagai alat pemenuhan kebutuhannya saja,
pada akhirnya perkembangan zaman menjadikan kegiatan konsumsi sebagai salah
satu kegiatan yang melibatkan budaya, gaya hidup (trend) dan unsur sosial
sebagai pendorong Consumtion Behavior.
Handphone
merupakan salah satu produk komunikasi yang menimbulkan nilai prestise bagi
penggunanya dan sudah menjadi trend (gaya hidup) masyarakat sekarang. Dalam
penggunaannya handphone dijadikan alat komunikasi langsung yang berbasis
teknologi yang selalu berubah-ubah dan cenderung selalu meningkat teknologinya.
Kebutuhan ponsel pada anak muda saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari
yang mendorong anak muda menjadi lebih konsumtif dan mempengaruhi gaya hidup
mereka, karena pada dasarnya gaya hidup adalah kegiatan seseorang dalam menghabiskan
uang dan waktu mereka.
Gaya hidup
sebagai aspek terluas dari lingkungan sosial makro dan terdapat dalam faktor
pribadi (personal) perilaku konsumen tentunya memiliki pengaruh yang kuat pada
perilaku pembelian konsumen, yang akhirnya menentukan keputusan pembelian
seseorang pada jenis telepon seluler yang akan dibelinya.
Walau gaya hidup
termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, namun gaya
hidup tidak dapat dikuasai atau dikendalikan oleh pemasar, akan tetapi pemasar
dapat memperhitungkan kecenderungaan atau gejala yang nampak dari faktor
tersebut. Dengan demikian pemasar dapat mempengaruhi keinginan konsumen dengan
menciptakan dan memasarkan barang atau jasa dengan tepat.
Masalah :
Apakah ada
pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada Handphone merek Nokia?
Tujuan :
Untuk
membuktikan pengaruh faktor gaya hidup sehingga faktor tersebut dijadikan
faktor utama proses keputusan pembelian.
Metodologi
Penelitian :
·
Pengumpulan Data
Dengan
menggunakan kuisioner dan skala likert yang memiliki bobot dan kategori sebagai
berikut:
Skala Penilaian Untuk Kuisioner
Kategori
|
Bobot
|
Sangat Tidak Setuju
|
1
|
Tidak Setuju
|
2
|
Ragu-Ragu
|
3
|
Setuju
|
4
|
Sangat Setuju
|
5
|
·
Penentuan Sampel
Populasi:
Data primer
dengan mahasiswa/mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
sebagai responden.
Sampel:
Pengambilan
sampel menggunakan metode judgment sampling (purpose sampling) yaitu penentuan
sampel dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono 2003 : 96). Maka peneliti
mengambil sampel sebanyak 50 mahasiswa/mahasiswi yang mewakili seluruh fakultas
di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.
·
Variabel
Penelitian
1.
Variabel Gaya
Hidup yang dinotasikan sebagai variabel X atas dimensi dan indikator aktivitas
(X1) adalah skor atas aktivitas pemegang HP Nokia, minat (X2) adalah skor atas
minat pemegang HP Nokia, dan opini (X3) adalah skor atas opini pemegang HP
Noikia.
2.
Variabel
Keputusan Pembelian yang dinotasikan sebagai variabel Y atas indikator kualitas
produk, nilai jual kembali, fitur produk, dan teknologi.
·
Pengolahan Data
Dengan
menggunakan metode-metode statistik yaitu Analisis Regresi Berganda dan Uji
Hipotesis serta diolah dengan program SPSS (Statistical
Product and Service Solution).
Hasil dan Kesimpulan :
·
Berdasarkan
hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel gaya hidup
memiliki pengaruh positif dan dikategorikan kuat dengan variabel keputusan
pembelian pada handphone merk Nokia.
·
Pengaruh gaya
hidup terhadap keputusan pembelian pada handphone merk Nokia sebesar 49,0% dan
sisanya 51,0% oleh faktor lain diantaranya: Brand Image, dan Loyalitas konsumen
pengguna handphone Nokia.
Sumber:
http://www.library.upnvj.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3607
Tidak ada komentar:
Posting Komentar