Senin, 22 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL 1 (BARU)


Nama : Irna Diniasari
Kelas : 3EA13
NPM : 13210623


JURNAL KEPUTUSAN PEMBELIAN

ANALISIS JURNAL 1:
Judul                                       :
ANALISIS PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA HANDPHONE MERK NOKIA)

Nama Pengarang, Tahun,        :
Budi Prasetyo, 2009

Tema                                       :
Keputusan Pembelian

Latar Belakang Masalah         :
Dalam era globalisasi sekarang ini perkembangan manusia dan kehidupannya semakin pesat, kegiatan yang dilakukannya pun semakin beragam. Kehidupan masyarakat yang pada awalnya hanya melakukan kegiatan konsumsi sebagai alat pemenuhan kebutuhannya saja, pada akhirnya perkembangan zaman menjadikan kegiatan konsumsi sebagai salah satu kegiatan yang melibatkan budaya, gaya hidup (trend) dan unsur sosial sebagai pendorong Consumtion Behavior.
Handphone merupakan salah satu produk komunikasi yang menimbulkan nilai prestise bagi penggunanya dan sudah menjadi trend (gaya hidup) masyarakat sekarang. Dalam penggunaannya handphone dijadikan alat komunikasi langsung yang berbasis teknologi yang selalu berubah-ubah dan cenderung selalu meningkat teknologinya. Kebutuhan ponsel pada anak muda saat ini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang mendorong anak muda menjadi lebih konsumtif dan mempengaruhi gaya hidup mereka, karena pada dasarnya gaya hidup adalah kegiatan seseorang dalam menghabiskan uang dan waktu mereka.
Gaya hidup sebagai aspek terluas dari lingkungan sosial makro dan terdapat dalam faktor pribadi (personal) perilaku konsumen tentunya memiliki pengaruh yang kuat pada perilaku pembelian konsumen, yang akhirnya menentukan keputusan pembelian seseorang pada jenis telepon seluler yang akan dibelinya.
Walau gaya hidup termasuk salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian, namun gaya hidup tidak dapat dikuasai atau dikendalikan oleh pemasar, akan tetapi pemasar dapat memperhitungkan kecenderungaan atau gejala yang nampak dari faktor tersebut. Dengan demikian pemasar dapat mempengaruhi keinginan konsumen dengan menciptakan dan memasarkan barang atau jasa dengan tepat.

Masalah                                   :
Apakah ada pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada Handphone merek Nokia?

Tujuan                                     :
Untuk membuktikan pengaruh faktor gaya hidup sehingga faktor tersebut dijadikan faktor utama proses keputusan pembelian.

Metodologi Penelitian             :
·      Pengumpulan Data            
Dengan menggunakan kuisioner dan skala likert yang memiliki bobot dan kategori sebagai berikut:
Skala Penilaian Untuk Kuisioner
Kategori
Bobot
Sangat Tidak Setuju
1
Tidak Setuju
2
Ragu-Ragu
3
Setuju
4
Sangat Setuju
5
·      Penentuan Sampel
Populasi:
Data primer dengan mahasiswa/mahasiswi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta sebagai responden.
Sampel:
Pengambilan sampel menggunakan metode judgment sampling (purpose sampling) yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono 2003 : 96). Maka peneliti mengambil sampel sebanyak 50 mahasiswa/mahasiswi yang mewakili seluruh fakultas di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.
·      Variabel Penelitian
1.    Variabel Gaya Hidup yang dinotasikan sebagai variabel X atas dimensi dan indikator aktivitas (X1) adalah skor atas aktivitas pemegang HP Nokia, minat (X2) adalah skor atas minat pemegang HP Nokia, dan opini (X3) adalah skor atas opini pemegang HP Noikia.
2.    Variabel Keputusan Pembelian yang dinotasikan sebagai variabel Y atas indikator kualitas produk, nilai jual kembali, fitur produk, dan teknologi.
·      Pengolahan Data
Dengan menggunakan metode-metode statistik yaitu Analisis Regresi Berganda dan Uji Hipotesis serta diolah dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution).

Hasil dan Kesimpulan             :
·      Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel gaya hidup memiliki pengaruh positif dan dikategorikan kuat dengan variabel keputusan pembelian pada handphone merk Nokia.
·      Pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian pada handphone merk Nokia sebesar 49,0% dan sisanya 51,0% oleh faktor lain diantaranya: Brand Image, dan Loyalitas konsumen pengguna handphone Nokia.


Sumber:
http://www.library.upnvj.ac.id/index.php?p=show_detail&id=3607

Tidak ada komentar:

Posting Komentar