Nama : Irna Diniasari
Kelas : 3EA13
NPM : 13210623
BAB
14
PENGARUH
SITUASI
· Tipe-Tipe Situasi Konsumen
Pengaruh situasi dapat dipandang sebagai
pengaruh yang timbul dari faktor yang khusus untuk waktu dan tempat yang
spesifik yang lepas dari karakteristik konsumen dan karakteristik obyek.
Situasi konsumen adalah faktor lingkungan sementara yang menyebabkan suatu
situasi dimana perilaku konsumen muncul pada waktu tertentu dan tempat
tertentu.
Tipe-tipe situasi konsumen:
1. Situasi
komunikasi
Situasi Komunikasi adalah suasana atau
lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi atau melakukan komunikasi. Konsumen
mungkin memperoleh informasi melalui:
a. Komunikasi
Lisan dengan teman, kerabat, tenaga penjual, atau wiraniaga
b. Komunikasi
non pribadi, seperti iklan TV, radio, internet, koran, majalah, poster,
billboard, brosur, leaflet, dsb
c. Informasi
diperoleh langsung dari toko melalui promos penjualan, pengumuman di rak dan di
depan took
2. Situasi
Pembelian
Situasi Pembelian adalah lingkungan atau
suasana yang dialami/dihadapi konsumen ketika membeli produk dan jasa. Situasi
pembelian akan mempengaruhi pembelian, misal: ketika konsumen berada di
bandara, ia mungkin akan bersedia membayar sekaleng Coke berapa saja harganya
ketika haus. Sebaliknya, jika ia berbelanja Coke di swalayan dan mendapatkan
harganya relatif lebih mahal, ia mungkin sangat sensitif terhadap harga.
Konsumen tsb mungkin akan menunda pembelian Coke dan mencari di tempat lain.
3. Situasi
Pemakaian
Situasi Pemakaian disebut juga situasi
penggunaan produk dan jasa merupakan situasi atau suasana ketika konsumsi
terjadi. Konsumen seringkali memilih suatu produk karena pertimbangan dari
situasi konsumsi. Misal: Konsumen Muslim sering memakai kopiah dan pakaian
takwa pada saat sholat atau pada acara keagamaan. Kebaya akan dipakai kaum
wanita pada acara pernikahan atau acara resmi lainya, dan jarang digunakan
untuk pergi bekerja Para Produsen sering menggunakan konsep situasi pemakaian
dalam memasarkan produknya, produk sering diposisikan sebagai produk untuk
digunakan pada situasi pemakaian tertentu. Misalnya, ada pakaian resmi untuk ke
pesta, pakaian olahraga, pakaian untuk kerja, pakaian untuk santai dan
berolahraga.
· Interaksi Individu dengan Situasi
Memahami serta menganalisis pengaruh
situasi dalam proses pembelian barang, banyak konsumen yang di pengaruhi oleh
variasi dari situasi lain yang sesuai dengan keadaan mereka saat itu. Belum
tentu saat orang lain menggunakan produk A saat ia berjemur di pantai tapi bisa
saja orang lain menggunakan produk A sebagai lotion untuk ke kantor atau
kemanapun ia pergi tidak harus saat berjemur saja. Jadi penggunaan produk
tertentu tidak hanya pada satu situasi saja tapi bisa untuk situasi lain untuk
orang lain.
· Pengaruh Situasi Tak Terduga
Situasi tidak terduga dapat menjadi
pemicu seseorang untuk membeli suatu barang. Misalnya mahasiswi yang akan
mengikuti ujian dan lupa membawa bolpoin dan pensil, maka secara otomatis dia
akan membeli dulu bolpoin dan pensil sebelum mengikuti ujian tersebut.
Berikut ini adalah 5 karakteristik
situasi pembelian:
1. Lingkungan
Fisik
Sarana fisik yang menggambarkan situasi
konsumen yang meliputi: lokasi, dekorasi, aroma, cahaya, cuaca dan objek fisik
lainnya yang ada di sekeliling konsumen.
2. Lingkungan
Sosial Kehadiran dan ketidakhadiran orang lain pada situasi tersebut.
3. Waktu
Waktu atau saat perilaku muncul (jam,
hari, musim libur, bulan puasa, tahun baru). Waktu mungkin diukur secara
subjektif berdasarkan situasi konsumen, misal kapan terakhir kali membeli
biskuit. Arti kapan terakhir kali akan berbeda antar konsumen.
4. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai pada suatu
situasi. Konsumen yang belanja untuk hadiah akan menghadapi situasi berbeda
dibandingkan belanja untuk kebutuhan sendiri.
5. Suasana
Hati
Suasana hati atau kondisi jiwa sesaat
(misalnya perasaan khawatir, tergesagesa, sedih, marah) yang dibawa pada suatu
situasi.
Sumber:
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/11/pegaruh-situasi-konsumen/
http://lidyadewi.wordpress.com/
http://dwiariyani99.blogspot.com/2012/11/pengaruh-situasi-konsumen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar