Rabu, 05 Desember 2012

METODOLOGI (PROPOSAL METODE RISET)

Nama : Irna Diniasari
Kelas : 3EA13
NPM : 13210623



TEMA: KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE

METODOLOGI
1.    Jenis dan Sumber Data
Dilihat dari sumbernya penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu :
1.    Data primer 
Data primer merupakan data yang didapat dari sumber pertama baik dari individu atau perorangan seperti hasil dari wawancara atau hasil pengisian kuesioner yang biasa dilakukan peneliti, menurut Umar (1999: 43).
2.    Data Sekunder
Data sekunder adalah data primer yang telah diolah lebih lanjut dan disajikan, baik oleh pihak pengumpul data primer atau oleh pihak lain, menurut Umar (1999: 43).

2. Teknik Pengumpulan Data
Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan:
1.    Kuesioner
Kuesioner adalah instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dengan cara menyusun format pertanyaan yang telah didesain sedemikian rupa untuk memudahkan analisis sesuai dengan tujuan penelitian (Rangkuti, 2002: 83).
2. Wawancara
Wawancara ini dilakukan untuk mendapatkan masukan dari pihak konsumen yang berupa tanya jawab langsung antara peneliti dan responden (Rangkuti, 2002: 82).

3. Populasi dan Sampel
1.    Populasi
Menurut Arikunto (1997: 115) Populasi adalah keseluruhan subyek penelitian. Apabila seseorang ingin meneliti semua elemen yang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya merupakan penelitian populasi.
2.    Sampel
Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti. Dinamakan penelitian sampel apabila kita bermaksud untuk mengeneralisasikan hasil penelitian sampel, menurut Arikunto (1997: 117).

4. Variabel Penelitian
Variabel merupakan obyek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian, (Arikunto, 1997: 99). Adapun variabel yang akan dianalisa dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat (dependen).
1.    Variabel Bebas (X)
Variabel bebas atau independen adalah variabel yang tidak tergantung pada variabel lain (Umar, 1999: 44). Adapun yang merupakan variable bebas (X) adalah produk, harga, dan gaya hidup.
2.    Variabel Terikat (Y)
Variabel terikat atau dependen adalah jika ada hubungan diantara variabel, variabel yang tergantung pada variabel lain (Umar, 1999: 44). Adapun yang merupakan variabel terikat (Y) dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian.

5. Metode Analisis Data
Analisis Regresi Berganda
Digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y), (Rangkuti, 1997: 149). Rumus yang digunakan dalam regresi berganda yaitu:
Y = a + b1X1 + b2X2 + b3X3 + e
Keterangan:
Y         = Keputusan pembelian
a          = Konstanta
b1…b3  = Koefisien regresi berganda
X1        = Variabel produk
X2        = Variabel harga
X3        = Variabel gaya hidup
e          = Standart error
Analisis data diolah dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution).

6. Uji, Validitas, Realibilitas dan Pengujian Hipotesis
1.    Uji Validitas
Uji validitas digunakan untuk mengetahui seberapa tepat suatu alat ukur mampu melakukan fungsi. Alat ukur yang dapat digunakan dalam pengujian validitas suatu kuesioner adalah angka hasil korelasi antara skor pernyataan dan keseluruhan pernyataan responden terhadap informasi dalam kuesioner. Teknik yang digunakan yaitu teknik korelasi product momentKorelasi product moment dapat dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Keterangan:
rxy        = koefisien product moment (korelasi antara X dan Y)
N         = jumlah subyek
X         = jumlah skor item
Y         = jumlah skor total
XY      = jumlah perkalian antara skor item dengan skor total
X2        = jumlah kuadrat skor item
Y2        = jumlah kuadrat skor total
Pengambilan keputusan pada saat menguji kevalidan instrumen adalah jika rhitung > rtabel maka instrumen dikatakan valid atau jika probabilitas (sig) < 0,05 maka instrumen dapat dikatakan valid.
2.    Uji Reliabilitas
Realibilitas pada dasarnya adalah sejauh mana hasil suatu pengukuran dapat dipercaya. Pengujian reliabilitas instrumen dilakukan dengan menguji skor antar item dengan menggunakan metode alpha cronbach. Alpha cronbach adalah perbandingan nilai r hitung dengan r tabel pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat signifikasi 5%, nilai r hitung diwakili oleh Alpha. Apabila Alpha hitung lebih besar daripada r tabel dan Alpha hitung bersifat positif, maka suatu instrumen penelitian dapat disebut reliable.
3. Pengujian Hipotesis
1.    Uji F
Yaitu uji statistik untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara bersama-sama/universal (Rangkuti, 1997: 154). Adapun langkah-langkah uji F sebagai berikut:
a.    Rumusan hipotesis
H0 = tidak ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y
Ha = ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y
b.    Daerah kritis Ho melalui kurva distribusi F

c.    Kriteria penerimaan atau penolakan
hitung ≥ F tabel berarti H0 ditolak.
hitung ≤ F tabel berarti H0 diterima.
2.    Uji t
Yaitu uji statistik secara individu untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam uji t adalah:
a.    Perumusan hipotesis
H0 : b1 = b2 = b3 = 0, tidak ada pengaruh variabel X dengan variabel Y
H0 : b1 ≠ b2 ≠ b3 ≠ 0, minimal ada satu pengaruh dari implementasi variabel X terhadap variabel Y
b.    Nilai kritis H0 melalui kurva normal

c.    Kriteria penerimaan atau penolakan
thitung ≥ ttabel berarti H0 ditolak.
thitung ≤ ttabel berarti H0 diterima.
3.    Koefisien Determinasi
Digunakan untuk mengukur seberapa jauh kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat. Tujuan menghitung koefisien determinasi adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Besarnya koefisien determinasi dapat diperoleh melalui rumus berikut:

Keterangan:
R2 = Koefisien determinasi
Y   = Variabel terikat
X   = Variabel bebas        
Y2 = Rata-rata hitung dari nilai Y 
n   = Jumlah data








Tidak ada komentar:

Posting Komentar